Powered By Blogger

Sabtu, 30 Oktober 2010

Cara jitu menghemat waktu

Sabtu, 30/10/2010 | 12:06 WIB
KOMPAS.com - Manajemen waktu yang baik membantu Anda menyelesaikan rutinitas lebih efisien. Tak ada lagi pekerjaan yang tertinggal lantaran Anda kehabisan waktu dalam sehari. Sejumlah kegiatan berikut bisa diperpendek waktunya, sehingga Anda lebih banyak memiliki waktu luang untuk melakukan hal lain. Misalnya, bersantai bersama anak dan suami.

Mengeringkan rambut lebih cepat
Sebagian dari Anda begitu bergantung dengan pengering rambut. Bagi pemilik rambut tebal dan panjang, pengering rambut menjadi senjata ampuh. Pilihlah alat pengering rambut yang efektif mengeringkan rambut Anda. Untuk menghemat waktu saat mengeringkan rambut, gunakan juga sisir berukuran besar dan bulat (bagi rambut lurus), atau sisir berjarak renggang untuk rambut keriting.
Jika rambut Anda tak terlalu tebal atau pendek, gunakan saja handuk khusus pengering rambut. Bungkus rambut basah dengan handuk dan biarkan kering alami. Anda juga bisa menjalani aktivitas lain seperti memakai busana atau sarapan sambil menunggu rambut kering.
Dengan menjalani cara ini, Anda menghemat waktu 50 menit dalam seminggu.

Tinggalkan ritual kecantikan yang tak penting
Di pagi hari, berapa lama Anda menghabiskan waktu untuk merias wajah? Semua produk kecantikan yang Anda miliki tak perlu diaplikasikan setiap pagi.
Penggunaan toner tak perlu dilakukan setiap saat. Fungsi toner adalah untuk melembabkan kulit wajah sehingga moisturizer lebih teresap kulit. Namun, sebenarnya, usai mencuci wajah, sisa air yang menempel juga berfungsi sebagai toner.
Lalu, Anda juga tak perlu mengaplikasikan eye cream di pagi hari. Waktu paling tepat menggunakaan eye cream adalah menjelang tidur. Gunakan saja lotion dengan SPF untuk melapisi kulit wajah guna melindunginya dari sengatan sinar matahari.
Dengan melakukan pengurangan aktivitas, Anda hemat waktu 15 menit setiap minggu.
Merias wajah lebih cepat
Pilihlah produk kecantikan yang lebih mudah diaplikasikan atau bersifat multiguna. Misalnya, gunakan foundation wajah yang juga berfungsi sebagai concealer. Bagaimanapun, keterampilan tangan Anda juga memengaruhi waktu ketika mengaplikasikan make-up. Semakin terlatih mengaplikasikan make-up, waktu menjadi lebih efisien. Anda bisa menghemat waktu 25 menit setiap minggu.
Sarapan praktis namun sehat
Rutinitas pagi hari kerapkali menyebabkan satu kewajiban terlewati, yakni sarapan. Apapun kondisinya, jangan pernah melewati sarapan. Anda tentu sering mendengar manfaat sarapan, mulai sebagai penambah energi hingga cara paling alami untuk menurunkan berat badan.
Nah, untuk mengantisipasi minimnya waktu sarapan, lakukan perencanaan lebih matang. Setiap hari Minggu, siapkan stok makanan untuk lima atau enam hari kerja. Seperti sereal kaya serat rendah lemak, roti, buah segar, atau apapun yang sesuai selera Anda. Yang penting makanan ini praktis dan mudah disajikan. Meski tak sempat mengonsumsinya di rumah, makanan praktis ini bisa Anda makan saat perjalanan ke kantor atau setibanya di kantor. Selalu siapkan juga buah segar di laci meja kantor Anda.
Anda menghemat 50 menit setiap minggu dengan menerapkan cara ini.

Efektifkan waktu olahraga
Banyak cara untuk tetap konsisten berolahraga. Jika tak sempat ke gym, lakukan push-up, latihan trisep dengan kursi, squat atau lunge. Lakukan 15 repetisi untuk setiap gerakan, dan lakukan sebanyak tiga set masing-masing latihan.
Saat berolahraga di gym, pastikan Anda menjalani latihan dengan tepat. Buat perencanaan setiap kali Anda berolahraga sesuai dengan tujuan yang Anda inginkan. Jika ingin melatih kekuatan otot dengan berbagai alat yang tersedia, pastikan kepala Anda sudah dipenuhi rencana yang spesifik. Latihan dan alat apa yang Anda pilih, intensitasnya, dan waktu yang Anda butuhkan. Mengurangi jeda istirahat juga bisa menghemat waktu, selain juga memang disarankan. Karena percuma saja olahraga jika lebih banyak waktu istirahat daripada latihan.
Anda menghemat waktu 75 menit setiap minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar