Powered By Blogger

Minggu, 28 Oktober 2012

Interaksi Manusia dan Komputer Prinsip Desain Grafis Website


Interaksi  Manusia dan Komputer
Pembahasan Prinsip Desain Grafis Website www.sctv.co.id
Kelompok:
1)      Akmal Saputra                   10110481
2)      Feri Sugianto                      12110737
3)      Sadeli Kusmantoro          16110318
1.       Metaphor (Metafora)
Dalam konteks ini yang dimaksud di dalamnya adalah objek lain yang menghubungkan presentasi dan elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan. Pada website sctv dapat kita lihat bahwa media ini memberikan informasi tentang program apa saja yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, tapi disini pengunjung juga dapat mengetahui informasi untuk mengikuti acara yang di adakan oleh sctv. Website ini secara tidak langsung menarik kita untuk menonton program tv dari sctv.

2.       Clarity (Kejelasan)
Clarity yang dimaksud adalah elemen yang berada dalam suatu interface yang berada dalam suatu web ini memiliki arti tersendiri dan kecocokan secara keseluruhan. Di dasari pengalaman browsing dan melihat berbagai web yang ada saat ini, sctv ini sudah memiliki standar web yang sama seperti yang lain. Bisa dapat kita lihat bagian atas web memiliki menubar yang memberi kemudahan pengunjung untuk mencari informasi yang di inginkan. Di bagian tengah terdapat kolom yang berisikan informasi acara terpopuler, acara unggulan dan juga di bagian bawah terdapat jejaring sosial twitter, polling dan download. Di sisi kanan terdapat sidebar yang memberikan informasi jadwal acara program tv, jejaring sosial facebook dan live streaming.
3.       Consistency (Ketetapan)
Konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography (model form yang digunakan pada suatu website), teks, dll.  Warna background di website sctv kontras dengan putih. Karena warna putih adalah warna yang sudah diterima secara umum sebagai standar warna kertas dan pas jika ingin digabungkan dengan warna lain. Secara psikologis, warna putih memiliki banyak arti, karena dipengaruhi oleh budaya dan tempat. Jika di Indonesia putih melambangkan warna kesucian, tetap di Eropa warna putih dianggap sesuatu yang menenangkan, dingin dan abadi karena berasosiasi dengan salju. Dan sedikitnya ada warna biru menghiasi website ini. Mungkin pemilihan biru ini konsistensi pada logo sctv yang memiliki dominan warna biru. Biru, warna yang selalu diidentikan dengan warna langit yang cerah, sehingga menimbulkan anggapan bahwa warna biru melambangkan luas, ketenangan dan kelembutan. Karena itulah warna biru dipakai dalam website ini karena termasuk warna netral dan pas jika digabungkan dengan warna putih. Karena jika hanya putih saja, maka akan terlihat website tersebut monoton.
4.       Alignment (Kerataan)
Alignment atau perataan dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah. Pada umumnya suatu teks pada website dimulai dari kiri atas (left alignment), dimana left alignment akan mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah. Sctv menggunakan left alignment dan center alignment. Tidak konsisten pengunaan alignment agak sedikit terlihat berantakan pada bagian teks.
5.       Proximity (Kedekatan)
Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama agar terlihat memiliki hubungan. Langsung dapat kita lihat dari website ini bahwa bila kita klik satu informasi program tv ini akan berpindah ke page yang berisi dengan informasi yang kita klik. Dan juga di sertai dengan informasi program tv lain.
6.       Contrast (Keserasian Tampilan)
Sebuah keserasian tampilan akan membuat pengunjung web tertarik pada web tsb. Kontras juga dapat memandu mata pengunjung untuk melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Website ini memiliki kontras yang tinggi karena penuh dengan warna putih, namun karena ada perpaduan dengan warna biru menjadi terlihat tidak terlalu silau. Namun untuk berlama – lama di website ini akan membuat mata lelah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar